Pembangunan Jalan Desa di Dusun Tegal Batu

Pembangunan Jalan di Dusun Tegal Batu RT 08

FOTO KEGIATAN 0 %

3

4

          Dusun tegal batu tepatnya di RT 08 akan melakukan kegiatan perbaikan jalan dengan melihat banyaknya jalan yang telah berlubang dan juga tidak seluruhnya yang teraspal di lingkup RT 08 tersebut. Perbaikan tersebut bertujuan untuk memperlancar akses warga dusun tegal batu RT 08 tersebut. Dengan mudahnya akses juga akan memepercepat kegiatan masyarakat terutama di bidang ekonomi, seperti halnya pendistribusian hasil pertanian masyarakat ke konsumen yang berada di luar dusun tegal batu. Dari gambar diatas dapat dilihat jalan belum di bersihkan dari sampah maupun pepohonan dan juga jalan belum di ratakan, hanya terdapat bahan – bahan pembuatan jalan yang terletak di tepi jalan.

FOTO KEGIATAN 40%

1 2

Setelah beberapa hari kemudian warga desa melanjutkan kegiatan perbaikan jalan dengan melakukan penghancuran batu yang digunakan untuk menutupi kerusakan jalan seperti lubang yang membuat jalanan menjadi tidak rata. Batu batu besar dipecah menjadi lebih kecil kemudian diratakan diatas jalanan yang berlubang. Penutupan lubang dijalan tersebut bertujuan untuk membuat jalanan menjadi rata sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan terutama pada malam hari. Pada perbaikan jalan ini kegiatan sudah berjalan hingga 40%.

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pembakaran aspal yang nantinya digunakan untuk melapisi jalan yang rusak. Bahan aspal dimasukkan ke dalam drum besar kemudian dipanaskan diatas kayu yang dibakar. Setelah itu aspal dituangkan diatas jalan yang sudah diberi pecahan batu.

FOTO KEGIATAN 80 %

6 5

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa penyelesaian aspal desa hampir selesai ke tahapan lapisan akhir. setelah di lakukan penghamparan material pondasi  yang berupa batu kali dengan menggunakan alat transportasi dump truk kemudian di ratakan dan di padatkan dengan menggunakan alat tandem roller. Dari gambar juga terlihat pekerja sedang melakukan penghamparan aspal yang sebelumnya telah dilakukan pemanasan pada aspal hingga encer. Untuk melakukan penghamparan aspal di gunakan alat khusus yang bernama asphalt finisher. setelah selesai di hamparkan dengan elevasi yang sesuai kemudian dilakukan pemadatan dengan menggunkan buldozer hingga sesuai elevasi yang telah di tentukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*